Thursday, 20 September 2012

Pudding ubi jalar 'ungu'


Siapa yang gak suka sama puding, rasa nya yang manis, kaya akan serat, sehat pula...Dan kebetulan untuk memenuhi kebutuhan serat saya suka makan ubi rebus. Tapi kali ini saya coba mengkolaborasikan antara agar-agar dan ubi jalar ungu, apalagi karena segudang manfaat nya untuk tubuh kita jadi gak ada salahnya kan klo kita mengkonsumsinya, tapi sebelum saya bagi resep puding nya coba simak sedikit info soal si 'ungu' ini :

Keberadaan senyawa antosianin pada ubi jalar yaitu pigmen yang terdapat pada ubi jalar ungu atau merah dapat berfungsi sebagai komponen pangan sehar dan paling komplit. Sekelompok Antosianin yang tersimpan dalam ubi jalar ini mampu menghalau laju perusakkan sel radikal bebas akibat nikotin, polusi udara dan bahan kimia lain nya.
Antosianin berperan dalam mencegah terjadinya penuaan, kemerosotan daya ingat dan kepikunan, polyp, asam urat, penderita sakit maag, penyakit jantung koroner, penyakit kangker dan penyakit-penyakit degeneratif seperti arteosklerosis. 

Selain itu, antosianin juga memiliki kemampuan sebagai antimutagenik dan antikarsinogenik terhadap mutagen dan karsinogen yang terdapat pada bahan pangan dan olahan nya, mencegah dangguan dan fungsi hati, antihipertensi, dan penurunan kadar gula dalam darah (antihiperglisemik). Hampir semua zat gizi yang terkandung dalam ubi jalar ungu mendukung kemampuan memerangi serangan jantung koroner.
*Ubi jalar putih mengandung 260 mkg (869 SI) betakaroten per 100 gram
*Ubi merah yang berwarna kuning emas tersimpan 2900 mkg (9675 SI) betakaroten
*Ubi merah berwarna jingga 9900 mkg (32967 SI)
Makin pekat warna jingga nya makin tinggi betakaroten nya yang merupakan bahan pembentuk vitamin A dalam tubuh. 

Secangkir ubi jalar merah kukus yang telah dilumatkan menyimpan 50.000 SI betakaroten, atau setara dengan kandungan betakaroten 23 cangkir brokoli, yang lebih menggembirakan perebusan hanya merusak 10% kadar betakaroten. Sedangkan penggorengan atau pemanggangan dalam oven hanya merusak 20%. Namun jika dijemur menghilangkan betakaroten dalam ubi jalar hingga 40%!

Menyantap seporsi ubi jalar merah kukus/direbus sudah memenuhi anjuran kecukupan vitamin A 2100-3600 mkg sehari. DIdukung pasukkan Zat gizi lain selain betakaroten, warna jingga pada ubi jalar juga memberi isyarat akan tinggi nya kandungan senyawa lutenin dan zeaxantin, pasangan antioksidan karotenoid. Keduanya termasuk pigmen warna sejenis klorofil merupakan pembentukkan vitamin A.

Naaahh banyak banget kan khasiat nya dari si 'ungu' ini, jadi selain warna nya yang cantik juga berguna untuk tubuh kita. Untuk yang mau coba buat pudding ubi jalar ungu ini dia resep nya :


Bahan : 

  • Agar-agar bening ( tanpa warna ) 2 bungkus
  • 4 Buah ubi jalar ungu ukuran sedang, di kukus lalu tumbuk halus/blender sampai halus, saring
  • Gula pasir, 100 gram / sesuai selera
  • Vanilla essence 1 sendok teh
  • Susu cair 2 gelas
  • 5 gelas air

Caranya :

  1. Buka 1 1/2 bungkus agar-agar, 5 gelas air, ubi jalar yang sudah disaring, vanilla essence, aduk dengan api sedang lalu masak hingga mendidih.
  2. Siapkan loyang agar-agar, beri sedikit percikkan air, lalu tuang adonan pudding yang sudah matang, tunggu hingga sedikit mengeras dipermukaanya, kira-kira 1 jam di suhu ruangan
  3. Sambil menunggu lapisan pudding ubi mengeras, siap kan pudding susu nya. Masukkan 1/2 bungkus agar-agar bubuk, 2 gelas susu cair, masukkan gula (sesuai selera), masak dengan api kecil sampai mendidih. Tuang ke dalam loyang pudding ubi yang sudah mulai nge set, diamkan hingga dingin.
Untuk FLA nya :

* Susu cair 1 1/2 gelas
* Gula pasir 3 sendok makan
* Vanilla essence 1 sendok teh
* Maezena 1/2 sendok makan yg diberi sedikit air

Caranya :
Masukkan susu cair kedalam panci, gula pasir, dan vanila, masak hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan larutan maezena, aduk terus hingga mendidih lagi, matikan api lalu dinginkan.

Naaahhh klo sudah ngeras pudding nya potong-potong deh, lalu hidang kan. Bisa di sajikan bersama fla nya atau bisa juga gak..terserah aja..tapi klo saya sih gak pake, biar ubi ungu nya lebih 'nonjok' rasa nya di lidah..




1 comments:

Aliet Kusnadi

Waduh jadi kepengen icip-icip nih... Trim's ya Bu, sudah mau berbagi.. Tambah lagi dong resep olahan si "ungu" ..

Post a Comment